Monday, October 8, 2012

0 V-shape Loading dan Cross Loading

V-shape Loading dan Cross Loading adalah salah method pemuatan material pada alat pengangkut. Metode ini biasa digunakan pada pengoperasiaon Alat loader (Track loader / Wheel Loader).

V-shape Loading

Adalah metode loading material yang sangat mengandalkan mobilitas alat loader. Metode ini paling sering digunakan untuk Wheel Loader, Karena sifat mobilitasnya yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan untuk bergerak dan manuver dengan lebih leluasa. Sedangkan Alat angkut tetap pada posisinya. Manuver wheel loader ini biasa membentuk huruf “V”. Maka itu disebut sebagai V-Shape Loading

Seperti tampak pada Gambar Ilustrasi berikut :



Cross Loading

Adalah metode loading material yang tidak hanya mengandalkan mobilitas alat loader, melainkan juga dibantu oleh mobilitasnya alat angkut (dump truck). Metode ini paling sering digunakan untuk alat Track Loader, Karena sifat mobilitasnya yang rendah, sehingga sulit melakukan gerakan-gerakan manuver. Untuk itu supaya proses loading lebih efektif maka dibantu dengan mobilitas alat angkut yang maju mundur. Tarck Loader cukup mengambil material dengan cara maju mundur dengan posisi saling berpotongan . Karena posisi Alat Loader dengan pengangkut saling berpotongan. Maka itu disebut sebagai Cross Loading Method.
Seperti tampak pada Gambar Ilustrasi berikut :








0 comments:

Post a Comment

 

Belajar Otodidak Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates